Minggu, 21 Oktober 2012

Jual belalang



Di pinggir jalan trans Jogyakarta - Wonosari banyak penjual belalang yang sudah dirangkai menjadi satu dengan cara ditusuk memakai lidi.  Satu tusuk berisi 50 ekor belalang seharga Rp.5000,- yang dijajakan oleh anak-anak remaja. banyak juga yang jual belalang pada waktu sore karena banyak pembeli yang ramai pada sore hari  Belalang pemakan daun jati hasil perburuan di hutan jati dan kebun-kebun pekarangan merupakan species Valanga nigricornis atau biasa disebut belalang kayu.
  Ada juga belalang dari species Locusta sp yang suka menggasak tanaman padi,  memang sebagian besar belalang adalah pemakan tanaman dan beberapa sangat merugikan tanaman budidaya.  Belalang atau walang kayu termasuk ordo Orthoptera dikenal sebagai pemakan tanaman yang sering menyerang pohon jati dan berbagai pohon kayu-kayuan lainnya.  Setelah menetas nimfa (anak belalang) naik untuk mulai merusak tanaman, biasanya menggigit daun dari tepi atau bagian tengah.  Aktif pada siang hari.  Jenis jantan menyanyi dengan cara menggosokkan sisi dalam femur belakang dengan sisi bawah sayap depan atau dengan menggetarkan sayap belakang saat terbang. Mampu bermigrasi ke tempat yang jauh.
Belalang yang sudah tertusuk nampak masih hidup, biasanya sama pembeli langsung diolah dengan cara digoreng garing, namun apabila malas memasak ada kedai  oleh-oleh khas Gunung Kidul yang menjajakan aneka belalang goreng, ada belalang bumbu bacem, bumbu gurih dan manis.  Tersedia juga thiwul instan dan gathot (sejenis makanan yang terbuat dari gaplek/singkong yang dikeringkan)

Bagi yang berminat membeli belalang harap konfirmasi :
Cara pemesanan : * Konfirmasi jumlah yang di inginkan via sms ke 0819-0409-8325 * Bila Deal transfer uang beserta ongkir ke BCA No. Rek 8950208521 atau MANDIRI No Rek. 900-00-0798366-2 * konfirmasi transfer Nama lengkap - Alamat lengkap - No Hp - Pesanan - Jumlah transfer

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

5 komentar:

  1. bisa beli hidup ga?
    terus bisa kirim ke surabaya?
    terima kasih

    BalasHapus
  2. bisa beli belalang yang hidup gak? soalnya buat praktikum karya ilmiah? terus bisa dikirim ke Jakarta?

    BalasHapus
  3. bisa beli belalang yang hidup gak? soalnya buat praktikum karya ilmiah? terus bisa dikirim ke Jakarta?

    BalasHapus
  4. Bisa ngak kalo belalang dipos ke
    malaysia

    BalasHapus